Minggu, 05 Februari 2012

Print On Demand

Jaman sekarang segala sesuatunya yang tidak mungkin menjadi mungkin. Mungkin dulu kalau kita pengen mencetak buku kita harus berpikir ulang karena harus mencetak minimal 1000 buku, tentu tidak sedikit biayanya.Tetapi sekarang ada cara baru untuk mencetak sebuah buku menyeuaikan dengan dana kita yaitu Print On Demand (POD)
Apa pengertian Print On Demand?
Print On Demand artinya mencetak buku dengan menggunakan teknologi digital atau cetak tanpa pelat. Sistem ini menggunakan Digital Printer. Semua pekerjaan seperti editing, layout, cetak dan distribusi dilakukan oleh penerbit sendiri.
Sistem Print On Demand hanya dikhususkan bagi pembelanja online, yang artinya pembeli tinggal klik di website untuk membeli buku dan melakukan pembayaran, selanjutnya buku akan dikirim melalui pos ke alamat pembeli. Cara ini praktis karena penerbit tidak perlu mencetak buku dalam jumlah banyak. Sistem Print On Demand hanya mencetak buku berdasarkan pesanan dari pembeli, sehingga dengan sistem ini biaya bisa ditekan serendah mungkin.
Dalam hal penjualan, sistem Print On Demand umumnya menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook. Blog atau website pun bisa digunakan sebagai tempat memasarkan buku.

Apa keuntungan menggunakan sistem Print On Demand?
Dilihat dari segi keuntungan, sistem Print On Demand lebih menghemat tenaga, waktu dan biaya jika dibandingkan dengan sistem cetak offset. Seperti diketahui sistem cetak offset selalu mencetak buku dalam jumlah besar untuk kemudian disimpan di dalam gudang menunggu distribusi. Sistem ini selalu menerapkan cara-cara konvensional pada masalah penerbitan, percetakan, dan juga royalti, sehingga terkadang tidak menguntungkan bagi penulis.
Sistem Digital Printing bisa mengerjakan percetakan buku seperti yang dilakukan oleh sistem cetak offset, namun ini tidak boros uang. Jika anda menerbitkan buku secara self publishing, ini akan sangat menghemat waktu dan biaya. Anda tidak perlu keluar uang berjuta-juta untuk mencetak buku seperti pada penerbitan umum/komersial.
Royalti juga sepenuhnya tergantung pada penulis. Dan ini adalah kesempatan penulis meraih keuntungan sebesar-besarnya dari usaha menerbitkan buku sendiri.


Kami juga menyediakan layanan POD, sehingga bagi teman2 yang ingin naskahnya diterbitkan dengan jumlah terbatas kami siap membantu.

2 komentar:

  1. Soal POD ini, Anda menjual alatnya, atau menawarkan jasa cetak, dengan menggunakan POD. Maaf, tulisan Anda kurang terinci. Berapa batas minimum cetak dan berapa harganya? Apa POD itu sama dengan foto-copy warna. Tempo hari ada pameran di Semarang, harganya Rp.3 juta-an. Mohon jawaban, karena kami juga menulis buku2.
    Apa kami bisa dikirimi sample buku yang sudah Anda cetak? Maaf, mengganggu, banyak pertanyaan.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kompak selalu, terimakasih atas pertanyaannya. DIsini kami menawarkan jasa cetak POD, bukan penawarkan mesin cetaknya. Untuk jumlah cetak tidak ada minimum order jadi 1 buku pun akan kami layani. Mengenai harga akan kami lihat dulu spesifikasi buku misalnya, format buku, tebal halaman, maupun colour atau BW. Untuk hasil cetakan kami menjamin bisa seperti hasil cetak offset. Semoga jawaban ini dapat membantu. Salam Sukses.

      Hapus